Menu
Tajam Mengulas Berita
banner 728x250

HMI Cabang Sampang Resmi Berdiri

  • Share
hmi
Urip Prayitno mewakili PJ Ketum PB HMI Abdul Muis Amiruddin melantik pengurus HMI Cabang Persiapan Sampang, periode 2021-2022 ( madurakita.com)
banner 468x60

Sampang – Sayup-sayup lagu perjuangan HMI mulai terdengar sejak dari luar pendopo. Seakan ikut menyambut ramah para tamu layaknya resepsionis yang memanjar di depan. Sesekali mars Sampang hebat bermartabat diperdengarkan. Setiap tamu yang hadir disodorkan gel pembersih tangan, kemudian thermometer Gun ditodongkan. Mereka juga menyediakan masker gratis untuk undangan yang hadir. Setelah mengisi buku tamu, selanjutnya tamu dipersilahkan menduduki kursi yang sudah tertata dengan jarak setengah meter. (Jumat, 12/03/2021).

Terlihat para tamu khusus telah banyak berdatangan, duduk berjejer di deretan kursi depan antara lain Sekretaris majelis wilayah KAHMI Jawa Timur, Drs Agus Mahfud Fauzi, M.Si, koordinator presidium KAHMI Sampang A Robik Jaizi, M.Si, mantan ketua KPU Sampang Syamsul Muarif, Wasekjen PB HMI, Komisi Kemaritiman, Kelautan dan Perikanan, Urip Prayitno dan wasekum Badko bidang pembinaan anggota Fauzi Arifin.

banner 336x280

Baca Juga: NU Ranting Kembang Jeruk Resmi Miliki Kantor Sekretariat

Tak lama berselang, Bupati Sampang H. Slamet Riady datang di lokasi, didampingi wakil bupati Sampang H. Abdullah Hidayat dan sekretaris daerah Sampang H. Yuliadi Setiawan. Kehadiran mereka disambut tiga penari belia dari sanggar tari ternama.

Mereka hadir dalam acara pelantikan pengurus Himpunan Mahasiswa Islam dan Korps HMI Wati, Cabang Persiapan Sampang, periode 2021-2022.

Acara diawali dengan lantunan beberapa ayat pada surat al-mukminun yang salah satu ayatnya menjelaskan tentang orang-orang yang memelihara amanat dan janjinya.

Prosesi ikrar dan pelantikan dipimpin langsung oleh Urip Prayitno selaku pengurus besar HMI. Didampingi oleh Fauzi Arifin yang sebelumnya membacakan surat keputusan dan memanggil nama-nama pengurus untuk beranjak kedepan. Prosesi pelantikan berjalan khidmat disaksikan oleh tamu undangan khususnya Bupati Sampang.

Dalam sambutannya, bupati Sampang mengucapkan selamat dan sukses kepada para pengurus yang dilantik. Beliau juga berharap adanya sinergi antara pemerintah daerah dan HMI dalam terwujudnya Sampang hebat bermartabat.

“Banyak hal yang perlu kita diskusikan, saya ingin ada sinergi antara kita pemerintah Sampang dengan pemuda yang ada di kabupaten Sampang, termasuk HMI. Apa yang jadi usulan dan koreksi bagi kami insyallah kami siap melaksanakan kalau memang itu jadi program yang bermanfaat bagi masyarakat”, ujarnya dengan penuh energik.

Beliau juga mengharap dukungan dari para pemuda kepada pemerintahannya. Karenanya, beliau terbuka dengan setiap kegiatan positif dan siap mendukung sepenuhnya.

“Sampang ini perlu dukungan dari semua pihak, khususnya para pemuda. Setiap kegiatan, permintaan fasilitas silahkan, kami terbuka. Lanjutnya.

Sementara, ketua umum HMI cabang persiapan Sampang, Fitrih Anisah berterima kasih pada semua pihak khususnya pada pemerintah daerah atas dukungannya, sehigga pelantikan HMI cabang persiapan Sampang bisa terlaksana. Menurutnya HMI cabang persiapan Sampang dapat berdiriri berkat komitmen bersama semua pihak.

“HMI cabang persiapan Sampang berdiri melalui perjalanan yang panjang, bukan lantas karena kebetulan. Tapi karena komitmen dan ketulusan bersama sehingga malam ini kepengurusan pertama dilantik”. Ungkap mahasiswi STAINATA Samapang ini.

Dalam sambutan pertamanya, Fitrih Anisah menyampaikan tiga harapan prioritasnya. Pertama, menjadi cabang penuh dalam waktu kepengurusan pertamanya. Ia berujar, ” Semoga HMI menjadi cabang penuh dalam waktu pengurusan pertama, namun hal itu bisa diwujudkan bila saling bergandengan tangan dan bekerja sama. Saling jaga komitmen dan solid antara pengurus cabang dan komisariat”.

Adapun syarat menjadi cabang penuh haruslah memiliki minimal tiga komisariat dan pernah mengadakan Latihan Kader II ( LK II).

Fitrih, sapaan akrabnya, melanjutkan, “kami mengharap MD KAHMI Sampang konsolidasikan adanya sekretariat untuk HMI cabang persiapan Sampang”. Sontak, harapan yang kedua ini mengundang gelak tawa dan tepuk tangan dari para hadirin.

Lebih lanjut ia menyampaikan, ” Kami berharap kepada pemerintah sampang untuk tetap selalu menyemangati, men-support mahasiswa, pemuda, khususnya HMI sehingga kita bisa dan bersinergi dalam kemajuan Sampang”.

Sedangkan Urip Prayitno, mewakili PJ ketua umum PB HMI Abdul Muis Amiruddin, menyampaikan, “Titik klimaks perjuangan HMI adalah terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah, maka dari itu HMI harus mampu membina para insan cita, insan akademis, pencipta dan pengabdi yang bernafaskan Islam, yaitu kader HMI khususnya ditataran komisariat”.

Berdirinya HMI cabang persiapan Sampang ini menegaskan bahwa HMI Sampang siap mewarnai dinamika intelektual insan kampus, baik ditataran internal maupun eksternal perguruan tinggi, khususnya di Sampang. Mereka siap mendirikan komisariat-komisariat di beberpa perguruan tinggi yang ada untuk menghidupkan dinamika intelektual kampus, agar lebih dinamis dan bersaing menciptakan kader akademis kompeten dan intelek. Karena perguruan tinggi yang hanya memilik satu organisasi ekstra kampus biasanya mahasiswanya cenderung monoton, fanatik dan kurang berdinamika.

Acara dipungkasi dengan stadium general dengan Drs Agus Mahfud Fauzi, M.Si sebagai keynote speacker-nya. Walaupun malam semakin larut hadirin tetap antusias mengikuti pemaparan beliau terkait tema malam itu, ” Membangun Solidatas dan Sinergitas Kader HMI untuk Menjawab Problematika Keumatan dan Kebangsaan”. Beliau juga mengomparasikan antara tujuan HMI dan trilogi dari HOS Tjokroaminoto yang masyhur yaitu “setinggi-tinggi ilmu, semurni-murni tauhid, sepintar-pintar siasat”.

Artikel Terkait: HIV/ AIDS dalam Kerangka Human Security

banner 336x280
banner 120x600
  • Share
banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner 336x280